Recent Post

Flag Counter

Sabtu, 20 Oktober 2012

Perbedaan Rekaman Mono dan Stereo


Perbedaan Rekaman Mono dan Stereo

149Stereo Field Perbedaan Rekaman Mono dan Stereo
Oke buat lo yang lagi pengen nyoba-nyoba recording sendiri, pasti lu pernah bingung sama yang namanya Mono dan Stereo, dan lo pernah bingung kalo mau rekaman pilih track Mono apa Stereo yak? Perbedaan rekaman mono stereo apa yak? hmm.
Okeii kali ini gw bakalan jelasin. Biasanya di dunia rekaman, patokan mono dan stereo itu terletak di instrument musik yang mau lu pake buat rekaman. Misal lu mau rekaman Drum pilihlah chanel mono, atau lu mau take gitar, bass, vocal itu juga tracknya mono, kalo keyboard baru stereo.
Tapi apakah semudah itu patokannya? hahahah ga juga sob, patokan diatas kan emang ibaratnya teori umum, tapi sebenernya acuan untuk membuat track rekaman mono dan stereo itu didasari sama output dari instument musik yang mau direkam dan juga posisi panning nanti ketika mixing. #ngerti???
Klik baca lagi icon biggrin Perbedaan Rekaman Mono dan Stereo
Nih misal lu punya instrument musik yang outputnya satu, misal gitar, bass kan dia outputnya hanya satu dan masuk ke satu chanel dalam soundcard, ya berarti lu kudu membuat track mono.
Nah kalo misal track keyboard kan outputnya dua tuh, berarti itu baru stereo yak?? betul-betul tapi ga mesti stereo juga mas bro, dari sumber yang gw dapet kalo keyboard lo ga punya perbedaan level antara output kiri dan kanan maka rekaman pake track mono aja, kalo misal beda lu bisa make track stereo heheheh.
Intinya instrumen dengan satu output direkam di track mono,  kalo instrumen dengan dua output lo bisa rekaman di track mono ataupun stereo, tergantung level audionya, ada perbedaan atau tidak, jika tidak pilih track mono, kalo ada rekam di track stereo
Okeiii segitu dulu deh tips rekaman mono dan stereo FYI artikel ini ditulis berdasarkan referensi dari situs musiktek.com
semoga bermanfaat smiley beer Perbedaan Rekaman Mono dan Stereo

0 komentar:

Posting Komentar