Recent Post

Flag Counter

Kamis, 07 Maret 2013

Proyek Raksasa Indonesia Kelas Dunia





Ternyata Indonesia kita tercinta punya proyek pembangunan yang gk kalah sama luar negeri ...Indonesia bahkan memiliki mega proyek kelas dunia. Beberapa mega proyek yang sudah jadi adalah jembatan Suramadu dan Indoor Theme Park terbesar di dunia Trans Studio. Beberapa proyek akan menyusul. Ada yang masih dalam perencanaan dan ada juga yang sudah dalam tahap penyelesaian. Diantara mega proyek tersebut, yaitu:

1. Surabaya Sport Center (SSC)

 Indonesia akan memiliki perpustakaan termodern, terbesar dan terindah di dunia yang akan berlokasi di Universitas Indonesia (UI) Depok di areal seluas 2,5 hektar. Lokasi bangunan berada di tepi danau Kenanga Universitas Indonesia dan berjarak sekitar 100 meter dari gedung rektorat.
Surabaya akan segera memiliki kompleks olahraga supermegah dengan fasilitas superlengkap di Indonesia. Proyek bernama Surabaya Sport Center (SSC) ini memakan dana Rp 440,2 miliar, dan dijadwalkan selesai akhir 2010.
     Berlokasi di kawasan Benowo, Surabaya Barat, kompleks itu terdiri atas sebuah stadion utama Yang bernama Gelora Bung Tomo yang berkapasitas 50 ribu penonton dan nantinya akan menjadi tempat pertandingan home Persebaya, juga terdapat sebuah stadion indoor berkapasitas 10 ribu penonton, dan sebuah masjid. Nantinya kompleks tersebut juga direncanakan memiliki stadion atletik dan sirkuit.

2. Perpustakaan Universitas Indonesia (UI)
    Gedung perpustakaan ini akan memiliki luas bangunan 30.000 m2 serta terdiri atas delapan lantai. Gedung berlantai delapan ini dirancang tahan gempa dan ramah lingkungan. Kebutuhan energi menggunakan sumber energi matahari (solar energy), selain itu di dalam gedung tidak diperbolehkan menggunakan plastik.
    Pembangunan gedung delapan lantai ini diperkirakan selesai akhir 2010 dengan anggaran sekitar Rp 100 miliar. Januari tahun depan diharapkan perpustakaan ini sudah bisa dibuka untuk civitas UI dan juga masyarakat umum. Pembangunan perpustakaan ini merupakan salah satu upaya UI menuju World Class University dan masuk ranking 100 besar perguruan tinggi terbaik di dunia.

3.Reaktor Nuklir Muria
Indonesia merencanakan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) di Muria, Jateng. Pegunungan Muria dianggap paling memenuhi syarat sebagai tempat berdiri dan beroperasinya PLTN. Selain karena aman dari gempa, daerah Muria juga sangat dekat dengan sumber air (Laut Jawa) yang dibutuhkan untuk mendinginkan reaktor nuklir.
     Pembangunan PLTN Muria akan dimulai 2012 dan siap diresmikan 2016 dengan total anggaran Rp 30 triliun. Diharapkan pada 2015-2016 PLTN Muria ini sudah bisa beroperasi dengan kapasitas 1.000 Mwat Elektic dengan investasi US$ 1.500-1.800 per KWh. PLTN membutuhkan uranium dan Indonesia memiliki dua tambang uranium, yaitu tambang Remaja-Hitam dan tambang Rirang-Tanah Merah. Kedua tambang uranium tersebut terletak di Kalimantan Barat.
      Jika sudah dibangun, PLTN Muria akan mampu mengatasi krisis energi listrik yang saat ini sedang dialami negara kita. PLTN Muria yang rencananya memiliki enam reaktor nuklir dengan masing-masing berdaya 600 MW atau totalnya 3600 MW, akan sedikit mampu mengurangi krisis energi listrik terutama Jaringan Jawa-Madura-Bali (Jamali). Jika Indonesia memiliki PLTN, maka Indonesia juga akan masuk ke dalam jajaran segelintir negara elite nuklir dunia, tapi nuklir Indonesia akan digunakan hanya untuk tujuan damai.

0 komentar:

Posting Komentar