Recent Post

Flag Counter

Kamis, 07 Maret 2013

4 Makanan Agar Tidur Anda Lenyap

Beberapa makanan yang mengandung melatonin cukup tinggi bisa membantu Anda lebih mudah dan nyenyak tidur. Apa itu melatonin dan makanan apa saja yang sebaiknya dikonsumsi beberapa jam menjelang tidur? Ini dia, seperti dikutip dari Female First. 

1. Salmon
Salmon mengandung unsaturated docosahexaenoic acid (DHA), jenis asam lemak dari 'kerabat' omega-3. Asam lemak ini membantu menstimulasi produksi melatonin dalam tubuh. Melatonin sangat berguna mengatur ritme sirkadian pada manusia, atau istilah lainnya siklus tidur.

2. Kacang-kacangan
Tinggi akan vitamin B dan folic acid, kacang-kacangan seperti polong, kacang panjang, kacang merah dan kacang hijau membantu tubuh mengatur siklus tidur dan produksi serotonin. Hormon serotonin sangat penting dalam pembentukan melatonin sehingga jam tidur jadi lebih teratur dan berkualitas.

3. Cherry
Buah kecil berwarna merah ini dikenal sebagai anti peradangan dan sumber alami melatonin. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menunjukkan melatonin pada cherry cukup tinggi, sekitar 13,5 ng per gram.

4. Kacang
Para ahli syaraf di University of San Antonio menemukan bahwa orang yang mengalami gangguan tidur bisa mencoba mengonsumsi segenggam walnut atau kacang kenari sebelum tidur. Studi yang dilakukan Dr. Russel J. Reiter, Ph.D. menunjukkan bahwa walnut merupakan sumber melatonin yang baik dan mudah diserap tubuh. "Kadar melatonin dalam darah meningkat tiga kali lipat saat Anda mengonsumsi walnut," jelas Dr. Russel.

0 komentar:

Posting Komentar